Economic of Education

KONTRIBUSI PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

Lecture : DR. Marfuah, M.Pd

Dengan cara apa pendidikan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi? Selanjutnya, bagaimana bisa tersebut pengaruh yang harus diukur? Seperti WL (1967) Catatan Miller, upaya untuk mengukur kontribusi pendidikan terhadap pertumbuhan jelas membutuhkan sebuah penjelasan apriori mengapa kita harus mengharapkan kontribusi terhadap pertumbuhan dari pendidikan. Jadi sebelum kita melanjutkan untuk membahas berbagai upaya kuantifikasi efek pendidikan, kami akan menyajikan analisis Miller yang berkaitan dengan pertanyaan pertama dari paragraf ini, yang pasti “bukan hanya sembarang jenis pendidikan akan” mendorong pertumbuhan ekonomi. “Pendidikan merupakan sumber pertumbuhan ekonomi hanya apabila itu adalah anti-tradisional sejauh itu membebaskan dan merangsang serta menginformasikan individu dan mengajarkan kepadanya bagaimana dan mengapa membuat permintaan atas dirinya sendiri. “Oleh karena itu, strategi pendidikan yang tepat akan memanifestasikan dirinya dalam empat” pertumbuhan memproduksi kapasitas “Yang pertama adalah” pengembangan lingkungan umum yang menguntungkan bagi kemajuan ekonomi.. “Referensi adalah untuk mobilitas sosial, peningkatan umum dalam keaksaraan yang diperlukan untuk meningkatkan komunikasi, dan “sistem pencatatan dan perbankan deposit” (hal. 281)

Kapasitas kedua menekankan pada pengembangan “sumber daya gratis untuk faktor yang relatif banyak dan pengganti untuk faktor relatif langka” (id). Sebagai contoh, penggunaan sumber daya alam ditingkatkan melalui pendidikan, sebagai yang terakhir memberikan talenta manajerial yang kemudian dapat memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif. Pada saat yang sama, pendidikan dapat memberikan teknik untuk mengatasi kelangkaan beberapa sumber daya dengan mengganti sumber daya banyak untuk yang langka. Tanpa pendidikan, orang akan jauh lebih mudah beradaptasi dengan berbagai kebutuhan akan produk.

Kapasitas ketiga menggarisbawahi ketahanan investasi pendidikan. Miller berpendapat bahwa pendidikan “memiliki daya tahan yang lebih besar daripada sebagian besar bentuk non-modal manusia direproduksi.” Terutama di negara-negara “dengan harapan hidup yang panjang pada saat kelahiran. Akhirnya “pendidikan adalah sebuah alternatif untuk dikonsumsi, investasi swasta di non-manusia modal atau pengeluaran pemerintah untuk selain tujuan pendidikan.

Kapasitas yang keempat, “Pendidikan merupakan investasi konsumsi, pribadi dalam modal bukan orang, atau pengeluaran dana oleh pemerintah untuk selain tujuan pendidikan.” Dapat dibuktikan, bahwa pengeluaran untuk pendidikan kebanyakan dibuat dengan mengorbankan konsumsi (bukan penghematan). Karena investasi dalam modal fisik dipersiapkan dapat menciptakan kontribusi bersih terhadap pertumbuhan ekonomi sekalipun kecepatan hasilnya secara internal lebih rendah dalam pendidikan daripada untuk modal material, karena ia mengalihkan sumber-sumber pendapatan yang sebaliknya dikonsumsi menjadi produksi tidak langsung.

 download file : Ekonomi Pendidikan

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s