Kurikulum Lembaga Pendidikan

Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.
Berdasarkan konsep di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan dasar dari terselenggaranya proses pembelajaran. Kurikulum sebagai dasar dari proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait dan saling mempengaruhi. Pengembangan dari komponen-komponen tersebutlah yang kelak akan dapat mengembangkan konsep dari kurikulum ke arah penyempurnaan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip dasar kurikulum.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan suatu upaya penyempurnaan dan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan tidak meninggalkan prinsip dasar dari KBK, yakni proses pembelajaran yang berorientasi pada murid (student centered). Pemahaman tentang konsep kurikulum dan konsep KTSP perlu diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang kelak akan menjadi fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan pertimbangan di atas maka kami menyusun makalah ini yang untuk selanjutnya berjudul “Prinsip-Prinsip Pengambangan Kurikulum”. Dalam makalah ini terdapat pembahasan tentang model dan prinsip kurikulum serta tentang KTSP sebagai wujud pengembangan kurikulum.

download tUGAS mAKALAH Prinsip Pengembangan Kurikulu1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s